Strategi Sukses Investasi Fokus


Dipublikasikan di Gatra, 9-15 Desember 2010

Judul : The Warren Buffett Portofolio: Membedah Keunggulan Strategi Investasi Fokus

Penulis : Robert G. Hagstrom

Penerjemah : Yelvi Andri Zaimur

Penerbit : Daras Books

Cetakan : I, Juni 2010

Tebal : 258 halaman


Terjun ke dalam dunia bisnis investasi bukanlah perkara gampang. Tidak cukup hanya bermodal uang, melainkan juga harus dibarengi dengan kemampuan manajemen yang baik. Setidaknya, butuh cermat, teliti, dan penuh kehatian-hatian dalam setiap melakukan transaksi keuangan.

Buku ini menyajikan tips-tips jitu bagaimana menjadi investor sukses, berdasarkan pengalaman-pengalaman Warrent Buffet. Gagasan utama yang diusung adalah seputar apa yang disebut “investasi fokus” yang diterapkan Buffet. Investasi fokus adalah ide yang sangat sederhana.

Esensinya bisa dinyatakan secara cukup sederhana: “Pilihlah sedikit saham yang cenderung menghasilkan keuntungan di atas rata-rata selama jangka panjang, konsentrasikan besarnya investasi Anda dalam saham-saham ini, dan pertahankan dengan kuat saham-saham itu selama pergolakan pasar apa pun yang berjangka pendek” (hlm. 14).

Kecerdasan dan integritas Buffet telah memesona jutaan orang. Catatan investasinya pun menghipnotis komunitas invetasi profesional. Inilah kombinasi yang tak ada duanya yang membuat Buffet menjadi panutan paling populer satu-satunya dalam berinvestasi saat ini. Selama bertahun-tahun, Buffet telah mengembangkan cara memilih perusahaan yang ia anggap layak untuk menerima dananya.

Pilihannya bersandar pada paham akal sehat yang hebat: jika perusahaan itu sendiri sejahtera dan dikelola oleh orang-orang cerdas, akhirnya nilai melekatnya akan tercermin dalam harga sahamnya. Buffet karena itu memberikan perhatian terbesarnya bukan pada pelacakan harga saham, tapi pada analisis ekonomi bisnis yang mendasari dan penilian manajemennya.

Prinsip Buffet, jika diikuti dari dekat, tak ayal mengarahkan Anda pada perusahaan yang baik yang masuk akal untuk portofolio fokus. Hal ini karena Anda akan memilih perusahaan dengan sejarah panjang kinerja yang unggul dan manajemen yang stabil.

Stabilitas itu meramalkan probabilitas yang tinggi tentang kinerja di masa depan seperti yang terjadi di masa lalu. Dan itulah inti investasi fokus: berkonsentrasi pada investasi Anda pada perusahaan yang memiliki probabilitas tertinggi kinerja di atas rata-rata.

Selamat membaca!

*Ali Usman, peminat kajian ekonomi-bisnis, dan pegiat espeje community di Jogjakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar